Khamis, 15 Mac 2012

Antara Adab-adab Penuntut Ilmu








Berkata Imam al Khatib semoga Allah Ta'ala merahmatinya :



Hendaklah penuntut ilmu itu menjauhi bermain dan kerja yang sia-sia, silih berganti ketawa, terbahak-bahak, melakukan perkara-perkara ganjil dan selalu bergurau. Adapun ketawa yang sedikit adalah dibenarkan asalkan tidak keluar dari batasan adab dan tatacara menuntut ilmu. Dan banyak ketawa serta bergurau ini boleh mencacatkan kedudukan seseorang dan boleh menghilangkan maruahnya. 

 Kata Imam Malik, semoga Allah Ta'ala merahmatinya : 



Sesungguhnya adalah menjadi satu kemestian ke atas penuntut ilmu itu bersifat sopan dan tetap pendirian, tenang, takut kepada Allah dan mengikuti jejak langkah ulama sebelumnya. 

Kata Imam Nawawi di dalam al Tibyan :

 Dan seharusnya penuntut itu juga dapat beradab bersama kawan-kawannya dan orang-orang yang menghadiri majlis syeikhnya kerana yang demikian ini juga bermakna beradab bersama syeikhnya, memelihara majlisnya, duduk di hadapan syeikhnya dengan duduk sebagai murid bukan sebagai guru. Tidak mengangkat suara yang berlebihan tanpa hajat, tidak ketawa, tidak banyak bercakap tanpa hajat, tidak bermain-main dengan tangannya atau dengan yang lainnya. tidak menoleh ke kanan dan ke kiri tanpa hajat, bahkan hendaklah menghadap dengan tekun ke arah syeikhnya serta menumpukan pendengarannya dan tidak bertanya kepada syeikhnya sesuatu yang bukan pada tempatnya kecuali dia meyakini syeikhnya tidak akan membencinya.

(Syeikh Nuruddin Marbu Al Banjari dalam Makanat al Ilm wa al 'Ulama wa Adab Tolib al Ilm)

2 ulasan:

ciksukaberangan berkata...

harus jaga adab2 utk mendapatkan ilmu yang lebih berkat kan? insyaAllah. thanks for sharing :)

IBU PUSPITA berkata...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,jangan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohan dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,janan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohon dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI